Menjamurnya bisnis online
di internet tentu membuat kita harus memutar otak agar bisnis online
kita bisa mengungguli persaingan dengan bisnis online yang sejenis. Tak
perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membuat bisnis online kita jadi
lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya. Kuncinya hanya satu kok,
gunakan intuisi dan logika kita untuk membuat perputaran produk jadi
lancar sekaligus membuat pelanggan jadi puas dan loyal terhadap bisnis
kita.
Beberapa trik sederhana berikut ini
patut dipraktekkan agar pertumbuhan bisnis online kita bisa berlangsung
lebih lancar dan efektif :
1. Segera Habiskan Produk yang Perputarannya Lambat
Produk-produk yang sifatnya musiman,
mengikuti tren, mudah rusak atau sulit terjual dalam kurun waktu 3 bulan
sebaiknya harus langsung dijual secepatnya agar tidak mempengaruhi
perputaran modal dan keuangan pada bisnis online. Kita bisa mengiklankan
produk tersebut dengan penawaran harga atau bonus spesial di beberapa
situs jual beli. Lakukan update secara berkala dan teratur agar banyak
pengguna internet yang melihat produk tersebut dan tertarik untuk
membelinya.
2. Lakukan Upsell dan Cross Sell
Upsell adalah cara menjual suatu produk
yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh pelanggan, namun
dengan tingkat margin yang lebih tinggi. Misalnya, kita menawarkan
produk paket lapis legit eksklusif ketika seorang calon pelanggan sedang
mampir ke website kita untuk melihat produk lapis legit dengan paket
ekonomis.
Sedangkan cross sell adalah cara menjual
suatu produk yang menjadi pelengkap dari produk yang sedang diamati
pelanggan. Jadi, ketika Anda menjual produk kuliner berupa chicken
cordon bleu cepat saji, Anda juga bisa menawarkan produk mayonnaise
homemade sebagai barang komplementer dari produk utama.
3. Gunakan Fitur Chat dan Fasilitas Komunikasi Pendukung
Fitur chat pada suatu website bisnis
online dapat menjadi jembatan yang langsung menghubungkan kita dengan
para calon pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat langsung
menghubungi kita melalui fitur chat untuk menanyakan mengenai
spesifikasi produk, proses pembayaran atau hal-hal penting lainnya.
Hal ini secara tak langsung juga membuat
kita lebih fokus terhadap masalah yang sering dihadapi para pelanggan
bisnis online kita. Kita juga bisa mencantumkan nomor telepon atau akun
chat agar pelanggan dapat menghubungi kita secara lebih personal.
4. Perbaiki Tampilan Website
Website yang tampilannya berantakan atau
error bisa membuat pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli suatu
produk. Sang pelanggan tentu tak ingin membuang-buang waktunya hanya
untuk mencari informasi tentang bisnis online kita. Karena hanya dengan
sekali klik, mereka bisa menemukan website bisnis online lainnya yang
menjual produk serupa. Jadi, jangan pernah lalai untuk me-maintain dan
memperbaiki tampilan website agar tampak lebih menarik namun tetap
simpel dan keren.
5. Promosi, Gratis Ongkos Kirim
Banyak survey yang menyatakan bahwa
banyak pelanggan online yang tak ingin membayar ongkos kirim untuk
produk yang mereka beli. Bahkan banyak pula pelanggan yang membatalkan
transaksi bila merasa keberatan dengan ongkos kirim yang terlalu mahal.
Solusinya, cobalah untuk menawarkan promosi berupa gratis ongkos kirim,
bahkan kalau perlu hingga ke seluruh pelosok Indonesia.
Hal ini tentu akan meringankan si
pelanggan karena pelanggan merasa bahwa harga produk yang harus dibayar
sudah termasuk dengan ongkos kirim hingga sampai ke tujuan. Menarik
sekali bukan.
6. Jangan Lupa Mengucapkan Terimakasih
Pelanggan yang sudah menerima kiriman
produk dari kita tentu merasa senang bila produk yang dibeli sesuai
dengan ekspektasinya. Si pelanggan tentu akan lebih senang lagi bila
kita mengucapkan ungkapan terima kasih secara personal. Cukup katakan
saja “thanks untuk ordernya sis/ bro. Kita tunggu orderan-orderan
selanjutnya ya…” maka sang pelanggan akan merasa senang karena dihargai.
Memikat hati pelanggan ternyata tak sulit kan.