7
Tren Strategi Internet Marketing Yang Akan Mendominasi 2014 – Internet
telah secara drastis mengubah cara di mana informasi digunakan
bersama-sama, dan telah memiliki dampak yang luar biasa pada pemasaran.
Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi pergeseran ke arah teknik
kedalam dari pada tekhnik keluar. Saat ini keberhasilan strategi
penerbitan konten yang unik dan asli jauh lebih berhasil dari pada
daripada embedding iklan dalam konten eksternal, karena manfaat tambahan
taktik ini menawarkan, seperti branding dan pertumbuhan pengunjung yang
signifikan.
Dengan tren ini kita bisa prediksikan tren pemasaran online atau Strategi Internet Marketing yang tepat di tahun 2014.
1 Pemasaran Original Konten atau Artikel .
Salah satu cara utama bahwa perusahaan membangun otoritas dan
mendapatkan kepercayaan dengan konsumen adalah dengan konsisten
menciptakan konten yang bermutu melalui berbagai saluran. Ini biasanya
melibatkan informasi industri yang relevan yang memberikan wawasan atau
hiburan kepada pengunjung. Melakukan hal itu memungkinkan perusahaan
untuk terus membangun hubungan dengan konsumen dan calon konsumen.
Menurut Konten Marketing Institute, strategi pemasaran konten B2B adalah
melalui media sosial, artikel pada sebuah situs web bisnis,
eNewsletters, studi kasus, video dan artikel di yang dipublis website
lain.
Dengan menggunakan satu atau lebih saluran ini, anda dapat membangun
reputasi positif kepada pembaca. Kecenderungan ini menunjukkan bahwa
pemasaran kepada audience melalui teknik seperti iklan televisi dan
iklan radio menjadi kurang efektif. Sebaliknya, lebih baik untuk
berkonsentrasi pembuatan konten menarik yang dirancang untuk audiens
anda yang spesifik.
2. Gunakan Social Media Marketing.
Menggunakan social media sebagai alat untuk kampanye pemasaran online
masih sangatlah efektif. Tidak hanya Facebook, Pinterest, LinkedIn dan
Twitter. Sekarang, tampaknya banyak situs media sosial baru
bermunculan, seperti path, Google+, dll. Dengan adanya social media ini,
anda akan mudah menyebarluaskan konten-konten anda, baik konten
promosi, artikel seputar tips, dan artikel-artikel yang lain yang bisa
mengedukasi orang banyak.
Akibatnya, hal itu telah menjadi umum bagi pebisnis untuk membuat
hubungan keluar dan bereksperimen dengan beberapa jaringan dengan tujuan
mencapai jumlah maksimum konsumen. Diversifikasi ini tampaknya
membuktikan bermanfaat bagi banyak perusahaan karena sering membangun
ekuitas merek dengan membuat lebih mudah bagi konsumen untuk mengenali
merek tertentu.
3. Penggunaan Gambar, Infographic atau Foto yang menarik.
Peningkatan pesat untuk keberhasilan BuzzFeed dan Pinterest adalah
wasiat untuk kekuatan dan potensi virus konten berbasis gambar. Posting
blog sukses yang menerima saham yang paling sosial juga biasanya
memiliki karakteristik umum: mereka kuat di beberapa gambar baik
ditempatkan untuk memecah konten dan menekankan poin tertentu. Contoh
lain adalah infographics, yang menggabungkan gambar
dengan jumlah minimal teks untuk menjelaskan topik dan memberikan
informasi statistik atau data dari studi penelitian. Tak heran jika saat
ini perkembangan infographic sangat tinggi, hal ini bisa juga anda
gabungkan dengan teks tradisional.
4. Desain minimalis, dan bersih jauh lebih baik.
Salah satu tren penting adalah pergeseran preferensi konsumen
mengenai pesan pemasaran yang sederhana sebagai pesan yang mendalam.
Ketika Anda berpikir tentang beberapa merek top di dunia seperti Apple
dan Google, mereka jelas menghargai kesederhanaan. Sebagian besar dari
daya tarik Pinterest adalah estetika bersih, rapi, dan minimalis.
Dengan banyak iklan yang beredar, konsumen merasa terbakar oleh
rentetan informasi dan iklan yang berteriak “lihat aku”, beberapa
pemasar yang paling inovatif akan membuat yang berlawanan.
5. Mobile-Friendly Konten Akan Diperlukan.
Karena digunakan secara luas (dan berkembang dengan cepat) dari
smartphone dan tablet, maka dari itu perlu bagi perusahaan untuk
menciptakan konten yang dapat diakses oleh pengguna ponsel. Menurut
Forbes, “87% dari perangkat yang terhubung penjualan pada 2017 akan
menjadi tablet dan smartphone.” Apakah itu menciptakan versi mobile
alternatif dari sebuah situs web atau menggunakan desain web responsif,
penting untuk memberikan pengalaman positif bagi pengguna yang melakukan
browsing melalui perangkat mobile.
Jika tidak, sangat mudah untuk kehilangan pelanggan karena kemugkinan
besar pesaing anda telah menyesuaikan dengan tren ini. Sebagai
pergeseran dari PC tradisional ke laptop lalu ke perangkat mobile.
6. Iklan retargeting Akan Tumbuh di Efektivitas.
Ini adalah strategi pemasaran yang telah benar-benar teruji baru-baru
ini. Singkatnya, ia bekerja dengan memanfaatkan cookie browser untuk
melacak situs yang pengguna kunjungi. Setelah mereka meninggalkan situs
tertentu, produk atau jasa yang mereka lihat akan ditampilkan kepada
mereka lagi dalam iklan di website yang berbeda.
Ini cukup jelas mengapa teknik ini bisa sangat efektif. Dengan hanya
dua persen dari lalu lintas web konversi pada kunjungan pertama, iklan
retargeting berfungsi meningkatkan tingkat konversi secara keseluruhan
dengan mengingatkan konsumen dari produk atau layanan yang mereka
melihat. Hal ini membuat merek dan produk masuk ke benak konsumen.
Bahkan ada studi psikologis yang menunjukkan bahwa paparan sederhana
untuk nama-nama merek dan logo menciptakan keakraban, yang membangun
kepercayaan dan membuat konsumen lebih mungkin untuk melakukan
pembelian.
Bahkan jika tidak ada pembelian langsung, strategi ini benar-benar masih berguna untuk jangka jangka panjang.
7. SEO dan Sosial Sinyal Akan Semakin Kuat.
Meskipun sinyal sosial media masih belum membawa dampak sebesar
dibanding dengan inbound link, social media mempunyai peran dalam
peringkat pencarian organik. Semakin banyak orang yang berbagi sebuah
konten, kualitas untuk menjadi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian
mesin pencari akan semakin baik.
Selain itu, sinyal sosial media dapat berfungsi sebagai tanda
persetujuan (yaitu, sinyal trust) bagi pengunjung untuk mengunjungi
sebuah halaman. Jika mereka melihat bahwa ia memiliki ratusan atau
ribuan like atau vote, kemungkinan bahwa ada sesuatu yang bernilai. Itu
alasan besar mengapa begitu banyak pebisnis menginstal plugin berbagi
sosial media dan mendorong konsumen untuk berbagi sebanyak mungkin.
Meskipun sulit untuk memprediksi algoritma yang akan berkembang di
masa depan, ada kemungkinan wajar bahwa sinyal sosial media akan cocok
atau bahkan lebih besar daripada inbound link tradisional pada akhir
2014.
Okey, itulah gambaran 7 Tren Strategi Internet Marketing Yang Akan Mendominasi 2014 yang
bisa sama-sama kita praktekan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan
silahkan share agar artikel dapat lebih bermanfaat untuk banyak orang.