WIMA | 7 Tren Strategi Internet Marketing Yang Akan Mendominasi 2014

7 Tren Strategi Internet Marketing Yang Akan Mendominasi 2014 – Internet telah secara drastis mengubah cara di mana informasi digunakan bersama-sama, dan telah memiliki dampak yang luar biasa pada pemasaran. Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi pergeseran ke arah teknik kedalam dari pada tekhnik keluar. Saat ini keberhasilan strategi penerbitan konten yang unik dan asli jauh lebih berhasil dari pada daripada embedding iklan dalam konten eksternal, karena manfaat tambahan taktik ini menawarkan, seperti branding dan pertumbuhan pengunjung yang signifikan.

Dengan tren ini kita bisa prediksikan tren pemasaran online atau Strategi Internet Marketing yang tepat di tahun 2014.

1 Pemasaran Original Konten atau Artikel .

Salah satu cara utama bahwa perusahaan membangun otoritas dan mendapatkan kepercayaan dengan konsumen adalah dengan konsisten menciptakan konten yang bermutu melalui berbagai saluran. Ini biasanya melibatkan informasi industri yang relevan yang memberikan wawasan atau hiburan kepada pengunjung. Melakukan hal itu memungkinkan perusahaan untuk terus membangun hubungan dengan konsumen dan calon konsumen. Menurut Konten Marketing Institute, strategi pemasaran konten B2B adalah melalui media sosial, artikel pada sebuah situs web bisnis, eNewsletters, studi kasus, video dan artikel di yang dipublis website lain.

Dengan menggunakan satu atau lebih saluran ini, anda dapat membangun reputasi positif kepada pembaca. Kecenderungan ini menunjukkan bahwa pemasaran kepada audience melalui teknik seperti iklan televisi dan iklan radio menjadi kurang efektif. Sebaliknya, lebih baik untuk berkonsentrasi pembuatan konten menarik yang dirancang untuk audiens anda yang spesifik.

2. Gunakan Social Media Marketing.

Menggunakan social media sebagai alat untuk kampanye pemasaran online masih sangatlah efektif. Tidak hanya Facebook, Pinterest,  LinkedIn dan Twitter. Sekarang, tampaknya banyak situs media sosial baru bermunculan, seperti path, Google+, dll. Dengan adanya social media ini, anda akan mudah menyebarluaskan konten-konten anda, baik konten promosi, artikel seputar tips, dan artikel-artikel yang lain yang bisa mengedukasi orang banyak.

Akibatnya, hal itu telah menjadi umum bagi pebisnis untuk membuat hubungan keluar dan bereksperimen dengan beberapa jaringan dengan tujuan mencapai jumlah maksimum konsumen. Diversifikasi ini tampaknya membuktikan bermanfaat bagi banyak perusahaan karena sering membangun ekuitas merek dengan membuat lebih mudah bagi konsumen untuk mengenali merek tertentu.

3. Penggunaan Gambar, Infographic atau Foto yang menarik.
Peningkatan pesat untuk keberhasilan BuzzFeed dan Pinterest adalah wasiat untuk kekuatan dan potensi virus konten berbasis gambar. Posting blog sukses yang menerima saham yang paling sosial juga biasanya memiliki karakteristik umum: mereka kuat di beberapa gambar baik ditempatkan untuk memecah konten dan menekankan poin tertentu. Contoh lain adalah infographics, yang menggabungkan gambar dengan jumlah minimal teks untuk menjelaskan topik dan memberikan informasi statistik atau data dari studi penelitian. Tak heran jika saat ini perkembangan infographic sangat tinggi, hal ini bisa juga anda gabungkan dengan teks tradisional.

4. Desain minimalis, dan bersih jauh lebih baik.
Salah satu tren penting adalah pergeseran preferensi konsumen mengenai pesan pemasaran yang sederhana sebagai pesan yang mendalam. Ketika Anda berpikir tentang beberapa merek top di dunia seperti Apple dan Google, mereka jelas menghargai kesederhanaan. Sebagian besar dari daya tarik Pinterest adalah estetika bersih, rapi, dan minimalis.

Dengan banyak iklan yang beredar, konsumen merasa terbakar oleh rentetan informasi dan iklan yang berteriak “lihat aku”, beberapa pemasar yang paling inovatif akan membuat yang berlawanan.

5. Mobile-Friendly Konten Akan Diperlukan.

Karena digunakan secara luas (dan berkembang dengan cepat) dari smartphone dan tablet, maka dari itu perlu bagi perusahaan untuk menciptakan konten yang dapat diakses oleh pengguna ponsel. Menurut Forbes, “87% dari perangkat yang terhubung penjualan pada 2017 akan menjadi tablet dan smartphone.” Apakah itu menciptakan versi mobile alternatif dari sebuah situs web atau menggunakan desain web responsif, penting untuk memberikan pengalaman positif bagi pengguna yang melakukan browsing melalui perangkat mobile.

Jika tidak, sangat mudah untuk kehilangan pelanggan karena kemugkinan besar pesaing anda telah menyesuaikan dengan tren ini. Sebagai pergeseran dari PC tradisional ke laptop lalu ke perangkat mobile.

6. Iklan retargeting Akan Tumbuh di Efektivitas.
Ini adalah strategi pemasaran yang telah benar-benar teruji baru-baru ini. Singkatnya, ia bekerja dengan memanfaatkan cookie browser untuk melacak situs yang pengguna kunjungi. Setelah mereka meninggalkan situs tertentu, produk atau jasa yang mereka lihat akan ditampilkan kepada mereka lagi dalam iklan di website yang berbeda.

Ini cukup jelas mengapa teknik ini bisa sangat efektif. Dengan hanya dua persen dari lalu lintas web konversi pada kunjungan pertama, iklan retargeting berfungsi meningkatkan tingkat konversi secara keseluruhan dengan mengingatkan konsumen dari produk atau layanan yang mereka melihat. Hal ini membuat merek dan produk masuk ke benak konsumen. Bahkan ada studi psikologis yang menunjukkan bahwa paparan sederhana untuk nama-nama merek dan logo menciptakan keakraban, yang membangun kepercayaan dan membuat konsumen lebih mungkin untuk melakukan pembelian.

Bahkan jika tidak ada pembelian langsung, strategi ini benar-benar masih berguna untuk jangka jangka panjang.

7. SEO dan Sosial Sinyal Akan Semakin Kuat.
Meskipun sinyal sosial media masih belum membawa dampak sebesar dibanding dengan inbound link, social media mempunyai peran dalam peringkat pencarian organik. Semakin banyak orang yang berbagi sebuah konten, kualitas untuk menjadi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari akan semakin baik.

Selain itu, sinyal sosial media dapat berfungsi sebagai tanda persetujuan (yaitu, sinyal trust) bagi pengunjung untuk mengunjungi sebuah halaman. Jika mereka melihat bahwa ia memiliki ratusan atau ribuan like atau vote, kemungkinan bahwa ada sesuatu yang bernilai. Itu alasan besar mengapa begitu banyak pebisnis menginstal plugin berbagi sosial media dan mendorong konsumen untuk berbagi sebanyak mungkin.

Meskipun sulit untuk memprediksi algoritma yang akan berkembang di masa depan, ada kemungkinan wajar bahwa sinyal sosial media akan cocok atau bahkan lebih besar daripada inbound link tradisional pada akhir 2014.

Okey, itulah gambaran 7 Tren Strategi Internet Marketing Yang Akan Mendominasi 2014 yang bisa sama-sama kita praktekan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan silahkan share agar artikel dapat lebih bermanfaat untuk banyak orang.