Perbedaan : Antara Sales dan Marketing

Di anggapan masyarakat, marketing dan sales itu sama saja. Marketing dan sales itu walau beda istilah, tapi tetap diartikan sama. Sama-sama penjual dan menjual barang. Makanya, di lowongan kerja pun, sales dan marketing sering di tulis job description yang sama.

Dari istilah dasar pun sudah berbeda. Marketing berasal dari kata market yang berarti pasar. Dengan kata lain, marketing berurusan dengan pasar. Kalau di bahasa Indonesia, marketing bisa diartikan pemasaran. Apapun yang berhubungan dengan pasar, seperti harga, iklan, target customer, packaging, distribusi barang, adalah tugas marketing. Kalau sales, arti bahasa Indonesia nya pun adalah jual. Jadi, apapun yang berhubungan dengan penjualan adalah tugas sales.



Marketing menentukan strategi tentang penjualan. Menentukan harga, target customer, iklan, promosi, packaging, after sales service, persaingan, inovasi. Sedangkan sales merupakan salah satu bagian dari marketing. Sales berpikir how to sale. Sales hanya mengurus bagaimana menjual. Sales tidak menentukan harga dan jumlah target penjualan tapi sales mengejar bagaimana caranya target yang harus terjual.

Ketimpangan istilah ini sudah kadung di bisnis. Yang jelas, marketing dan sales adalah istilah yang berbeda namun satu maksud yaitu : Jasa Internet Marketing

  • Marketing adalah Pemasaran. Sales adalah Penjualan.

  • Ilmu dasarnya Pemasaran (Marketing) adalah STP + 4P, dan skill yang dibutuhkan oleh mereka adalah kreatifitas strategi. Mereka cenderung bekerja di belakang layar. Sementara Penjualan (Sales) lebih berada sebagai ujung tombak, dan skill yang dibutuhkan oleh Sales adalah human relationship atau interpersonal skill. Ilmu dasar yang wajib dikuasai oleh orang orang Sales adalah Prospecting – Presentation – Closing.

  • Marketing bertugas membuka jalan dan memberi umpan bagi Sales, sementara Sales bertugas mengkonversi berbagai peluang yang diciptakan oleh Marketing agar menjadi hasil. Jika diumpamakan dalam sepakbola, maka Marketing adalah playmaker seperti Kaka atau Fabregas, sementara Sales adalah striker seperti Fernando Torres atau David Villa.


  • Penilaian terhadap orang Sales biasanya dinilai dari berapa besar penjualan yang dihasilkan (diukur dengan uang), sementara penilaian kepada orang Marketing biasanya tidak diukur dengan uang, tetapi misalkan dari “Market Coverage”, “Brand Awareness”, “Penguasaan Pasar” dll.