Marketing : Fungsi dan Tugasnya

Marketing merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang memiliki peran penting dalam menentukan kemajuan perusahaan tersebut. Sebab, bidang ini memiliki fungsi untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan. semakin besar pemasukan yang berhasil dicapai, maka perusahaan akan makin berkembang. Dan demikian pula sebaliknya.

Meski demikian, bidang marketing ini tidak bisa berdiri sendiri dalam sebuah perusahaan. Setiap aktivitas yang dilakukan divisi ini, memiliki hubungan dan keterkaitan dengan setiap bagian dalam perusahaan. Seperti bagian produksi, sumber daya manusia, riset dan pengembangan dan terlebih dengan bagian keuangan.

Tanpa hubungan yang selaras dengan semua bagian tersebut, maka divisi marketing tidak akan bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Dengan bagian produksi, bagian marketing memiliki kebutuhan untuk mengenal karaktes produk yang pasti sangat dikuasai oleh bagian produksi. Dan tugas dari divisi marketing adalah menyampaikan karakteristik produk tersebut kepada masyarakat.

Ada beberapa cabang yang menjadi bagian dari marketing. Beberapa cabang tersebut seperti bidang sales, promosi dan juga komunikasi pemasaran. Ini yang perlu dipahami, karena di masyarakat pada saat ini banyak yang rancu mengenai pemahaman antara marketing dan sales. Padahal, kedua hal tersebut pada dasarnya berbeda, meski pun masih dalam satu lini sistem.

Tugas Marketing merupakan bagian dari perusahaan yang berperan penting dalam menentukan kemajuan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, bidang pemasaran memiliki fungsi untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. semakin meningkat pendapatan yang akan dicapai, maka perusahaan akan berkembang dengan baik. Dan sebaliknya, semakin menurun pendapatan yang dicapai, maka perusahaan tidak akan meningkat atau berkembang.

Meskipun, bidang marketing ini tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah perusahaan. Maka setiap kegiatan yang dilakukan organisasi ini, mempunyai hubungan dan keterkaitan dengan setiap bagian dalam perusahaan. Seperti bagian produksi, keuangan, sumber daya manusia, riset dan pengembangan. Hubungan yang tidak selaras dengan semua bagian tersebut, maka organisasi ini tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dan Tugas Marketing ini adalah menyampaikan karakteristik produk tersebut kepada masyarakat atau konsumen.

Ada beberapa cabang yang merupakan bagian dari marketing yaitu bidang promosi, sales dan komunikasi pemasaran. Hal ini perlu dipahami, karena dalam masyarakat saat ini banyak yang tidak tahu-menahu mengenai pemahaman antara marketing dan sales. Meskipun masih dalam satu lini sistem, kedua hal tersebut pada dasarnya berbeda.

Salah satu dari sekian fungsi dan tugas Tim Marketing adalah brand building, nah dalam tulisan ini akan disampaikan kira-kira apa saja tugas dari tim marketing berkenaan brand perusahaan tersebut : Jasa Seo

  • Menciptakan persepsi yang akan “dikirim” ke konsumen, kemasannya harus tepat sesuai segmen dan target audiencenya. Ini berhubungan dengan pola berkelanjutan, bisa per tahun bisa per triwulanan, dengan tujuan semakin kuatnya Persepsi positif di benak konsumen.

  • Menjaga agar ada konsistensi, sehingga pendekatan kepada konsumen yang dilakukan terjaga standarisasinya sebagai upaya konsistenis misal setidaknya dalam semua even, promosi, sponsorship mengusung atibut brand yang benar, seperti logo dengan warna dan bentuk proporsional, penempatan logo yg tepat, keharusan ada tagline atau by line, adanya template untuk setiap mendia iklan, agar terjadi karakter yg jelas disetiap media iklan.

  • Melindungi, jika ada yang mengungkapkan/menjatuhkan brand Anda baik dari pihak umum atau strategi persaingan, maka berusahalah ciptakan benteng agar mampu dengan cepat melindungi persepsi di pasarnya dengan berbagai antisipasi, agar tidak bergejolak, di Indonesia ini juga berkenaan ketika ada PESAWAT TERBANG JATUH, maka Public Relation dari perusahaan penerbangan akan mengadakan PRESS CONFERENCE dg media-media, untuk memberikan penjelasam, walau dari sisi marketing itu adalah upaya untuk menyeimbangkan dan meluruskan “liar”nya berita-berita dari berbagai pihak.


  • Menaikkan citra merek, ini adalah tugas yang harus terukur, progresif dan direncanakan dengan matang, dengan berusaha menggunakan potensi internal perusahaan dan ekternal, termasuk analisa persaingan dan gerakan pesaing. Agar tepat dalam membangun aktifitas dan efektif dalam menentukan taktik.

Sehingga jika pun selama ini masih kategori UKM dan UMKM, tidak masalah namun setidaknya memang 4 tugas itu terus dilakukan agar menjadi kekuatan, walau perlahan. Terutama jika Anda ingin maju, meski saat ini All Arround, ,menangani dari produksi, promosi, dll total masih sendirian.