Jasa Penjualan Tiket Online Meningkat Tajam



Menjelang mudik lebaran dan libur sekolah, pemesanan tiket dan akomodasi secara online mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Salah satunya dialami oleh salah satu perusahaan jasa travel online Tiket.com.

Bahkan Tiket.com mencatat peningkatan pemesanan tiket online kereta api mencapai 10 kali lipat untuk libur Lebaran dan libur sekolah. Managing Director Tiket.Com, Gaery Undarsa mengatakan, penjualan tiket kereta api untuk keberangkatan H-10 Lebaran mengalami peningkatan sekitar 2,5 kali lipat dari penjualan normal.

Sementara untuk penjualan tiket kereta api keberangkatan tepat hari Lebaran pertama mencapai 4 kali lipat dari penjualan normal.

"Menariknya lagi, penjualan tiket kereta api tambahan meningkat lebih dari 10 kali lipat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai beralih ke transaksi online karena kemudahannya," katanya dalam siaran persnya Minggu (22/6/2014).

Salah satu dampak terbesar yang dirasakan akibat peningkatan penjualan online ini, kata Gaery, adalah kontribusi pada penjualan tiket kereta api. Penjualannya sudah mencapai 50 persen dari keseluruhan total jumlah transaksi.

"Ini merupakan tanda semakin tingginya pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan kemudahan layanan jasa travel secara online," ujarnya.

Sementara itu Direktur Komersil Tiket.com, Dimas Surya mengatakan, sejumlah tiket penerbangan juga mulai dibidik pengguna jasa travel online.

“Beberapa daerah tujuan mudik favorit memang tetap menjadikan transportasi pesawat sebagai pilihannya. Efisien waktu dalam memanfaatkan mudik Lebaran menjadi alasan utama para pemesan tiket pesawat online tersebut," ucapnya